Cara Merawat Burung - Bahan Pembuatan Sangkar Burung

Bahan pembuatan sangkar burung

Sahabat cara merawat, kali ini kita akan membahas tentang bahan pembuatan sangkar burung. Bahan yang digunakan untuk membuat sangkar burung beraneka ragam. Diantaranya ada bambu, rotan, logam, fiber, akrilik dan lain lain. Tentu saja bahan pembuatan sangkar burung sesuai kesukaan dan kreativitas para pengrajinnya.


Namun, bahan yang paling banyak digunakan dalam pembuatan sangkar burung adalah bambu. Hanya saja tidak semua bamboo bisa dipakai membuat sangkar. Jenis bamboo yang paling tepat dan mudah digunakan untuk membuat sangkat adalah jenis bambu apus (Gigantochloa apus), mengingat bahannya lentur dan kuat. Bambu ini berukuran sedang, lurus berserat panjang dan elastis.

Dengan sifatnya yang lentur, tentu saja memudahkan pengrajin sangkar untuk membuat rangka sangkar seperti lingkaran berbentuk ring untuk tebokan, blengker (Ring pada badan sangkar), angsang dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Merawat dan Memelihara Kucing Hutan

Selain bambu ada juga kayu yang juga banyak digunakan untuk membuat sangkar. Jenis kayu Jati, Sonokeling dan gmelina adalah diantara jenis kayu yang cocok untuk membuat sangkar burung. Biasanya kayu dipakai untuk membuat sangkar eksklusif. Sangkar eksklusif biasanya dipakai untuk arena lomba burung berkicau. Dengan berbahan kayu, memudahkan pengrajin untuk berkreasi membuat sangkar dengan motif ukiran yang menarik atau disebut sangkar ukir eksklusif.

Kombinasi dari keduanya biasanya dipakai dalam pembuatan sangkar burung, misalnya tebokan dan mahkota dari kayu, sementara ruji dan blengker dari bahan bambu. Kedua bahan ini masuk kategori berbahan alami. Namun, seiring perkembangan zaman, kini ada terobosan baru pembuatan sangkar berbahan sintesis seperti akrilik, fiber atau logam dan kawat.

Akrilik dan fiber jarang dipakai secara tunggal. Akrilik banyak dikombinasikan dengan bahan bambu dalam pembuatan sangkar yang diberi hiasany atau motif yang beragam. Penggunaaan akrilik tentu saja memberikan nilai tambah etetika sangkar yang turut mendongkrak nilai jual sangkar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HISTERIS...Para suporter menyambut kedatangan Timnas Indonesia U-19 di stidion Wibawa Mukti Cikarang.

Cara Memperbanyak ASI Ibu atau ASI BOOSTER dengan Alami

Manfaat Mandi Pagi Dengan Air Dingin Yang Bagus Untuk Tubuh dan Pikiran